WA-DILA (WHATSAPP-BASED INTELLIGENT ASSISTANT): CHATBOT UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN INFORMASI DI LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI

  • Dani Anggoro Universitas Muhammadiyah Metro
  • Yasmika Baihaqi Program Studi S1 Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Metro
  • Aulia Tasya Putri. Dh Program Studi S1 Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Metro
  • Nur Rahma Danitta Program Studi S1 Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Metro
  • Muhammad Hidayah Alfino Program Studi S1 Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Metro
Kata Kunci: Chatbot, Artificial Intelligence, WhatsApp, Layanan Informasi Digital, Natural Language Processing

Abstrak

Pemanfaatan teknologi informasi telah mengubah cara penyampaian layanan publik, termasuk layanan informasi sertifikasi kompetensi di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). WhatsApp sebagai aplikasi pesan instan yang populer di Indonesia digunakan sebagai media komunikasi utama. Namun, proses penyampaian informasi yang masih manual di LSP Universitas Muhammadiyah Metro menimbulkan kendala, seperti keterlambatan respons, pesan yang terlewat, dan ketidakkonsistenan informasi. Penelitian ini mengembangkan chatbot berbasis Artificial Intelligence (AI) dan Natural Language Processing (NLP) yang terintegrasi dengan WhatsApp, bernama WA-DILA (WhatsApp-based Intelligent Assistant). Metode pengembangan sistem menggunakan model Waterfall, meliputi analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Sistem dibangun menggunakan Node.js dan MySQL serta diuji menggunakan metode black box testing untuk memastikan fungsionalitas.

WA-DILA berhasil diimplementasikan dan mampu menjawab berbagai pertanyaan pengguna secara otomatis. Seluruh fitur berjalan sesuai harapan berdasarkan pengujian. Dari 217 pengguna, sebanyak 206 mengisi feedback, dan 88% di antaranya memberikan nilai positif (skor 4 dan 5), menunjukkan kepuasan tinggi terhadap layanan chatbot. WA-DILA efektif meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan informasi di LSP melalui respon cepat, otomatis, dan konsisten. Solusi ini layak diterapkan secara luas pada layanan informasi digital lainnya dalam rangka mendukung transformasi layanan publik berbasis teknologi.

Referensi

[1] A. Wahyudi and dkk, “Keterampilan yang Dimiliki oleh Tenaga Kerja dengan Tuntutan Teknologi,” J. Bintang Manaj. , vol. 1, no. 4, pp. 99–111, 2023.
[2] S. Kemp, “Digital 2024: Global Overview Report,” Datareportal.Com, 2024. https://datareportal.com/reports/digital-2024-global-overview-report (accessed Jan. 01, 2025).
[3] W. Setyowati, C. Nuswandari, G. A. Lisiantara, and M. S. Anggraeni, “Pembentukan lembaga sertifikasi profesi (LSP) sebagai sarana peningkatan sumber daya manusia kompeten (Establishment of Professional Certification Agency (LSP) as mean to improve competent human resource),” J. Pengabdi. pada Masy., vol. 1, no. 1, pp. 67–74, 2017.
[4] A. Ja and A. I. Nurhidayat, “PENGEMBANGAN CHATBOT PENDAFTARAN E-KTP BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE NLP ( Natural Language Processing ) ( Studi Kasus : Desa Tracal ),” J. Manaj. Inform., vol. 16, no. 2, pp. 1–9, 2024.
[5] A. L. Maitri and J. Sutopo, “Rancangan Bangun Chatbot Sebagai Pusat Informasi Lembaga Kursus Dan Pelatihan Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing,” Eprints.Uty.Ac.Id, pp. 1–9, 2019, [Online]. Available: http://eprints.uty.ac.id/.
[6] H. Gunawan, L. Ause, and P. Ari, “VIRTUAL ASSISTANT SERVICES MENGGUNAKAN WHATSAPP CENTER PADA BIRO SIMFOKOM,” J. Ilmu Komput. Revolusioner, vol. 8, no. 6, pp. 96–105, 2024.
[7] R. G. Damara, A. S. Fitrani, and A. Eviyanti, “Perancangan Aplikasi Chatbot Melalui Media Whatsapp pada Toko Sembako,” Indones. J. Appl. Technol., vol. 1, no. 2, p. 15, 2024, doi: 10.47134/ijat.v1i2.3050.
[8] A. Lubis and I. Sumartono, “Implementasi Layanan Akademik Berbasis Chatbot untuk Meningkatkan Interaksi Mahasiswa,” Media Online, vol. 3, no. 5, pp. 397–403, 2023, [Online]. Available: https://djournals.com/resolusi.
[9] O. Peña-Cáceres, A. Tavara-Ramos, T. Correa-Calle, and M. More-More, “WhatsApp-Based Cloud Service Chatbot Application for Emergencies or Disasters,” J. Adv. Inf. Technol., vol. 15, no. 3, pp. 435–445, 2024, doi: 10.12720/jait.15.3.435-445.
[10] K. P. Sasmitha and Y. S. Triana, “Implementation of Whatsapp Chatbot for Consumer Complaints ( Case Study : PT . Kipa Teknologi Indonesia ),” Int. J. Comput. Sci. Mob. Comput., vol. 13, no. 8, pp. 130–141, 2024.
[11] P. A. Alia, R. W. Febriana, J. S. Prayogo, and R. Kriswibowo, “Implementation Chatbot on Whatsapp Using Artificial Intelligence With Natural Language Processing Method,” ELECTRON J. Ilm. Tek. Elektro, vol. 5, no. 1, pp. 8–14, 2024, doi: 10.33019/electron.v5i1.134.
[12] H. Maynura, A. Ibrahim, and S. Sudin, “SISTEM REKOMENDASI TOPIK PENELITIAN BERBASIS CHATBOT WHATSAPP MENGGUNAKAN ALGORITMA COSINE SIMILARITY (STUDI KASUS PRODI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALUKU UTARA ),” J-TIFA, vol. 2617, no. 2, pp. 56–62, 2024.
[13] Z. Abidin, M. Danny, and A. Muhidin, “Sistem Pengembangan Chatbot Whatsapp Untuk Monitoring Hasil Pembelajaran Siswa Sekolah Menngah Kejuruan,” Bull. Comput. Sci. Res., vol. 3, no. 5, pp. 319–326, 2023, doi: 10.47065/bulletincsr.v3i5.272.
[14] H. Kurniawan, M. Al Fazar, N. R. Fauziah, Yoan, and I. R. Munthe, “Whatsapp Chatbot Implementation for New Students University of Labuhanbatu,” Inst. Comput. Sci., vol. 5, no. 2, pp. 932–939, 2021.
[15] G. P. M. Putra, A. Tenriawaru, and Gunawan, “Rancang Bangun Virtual Assistant Chatbot Menggunakan Node.Js pada Layanan Sistem Informasi Akademik,” Pros. Semin. Nas. Pemanfaat. Sains Dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 345–352, 2023.
[16] E. Kurnia, P. Studi, S. Informasi, P. Studi, and T. Informatika, “PERANCANGAN APLIKASI WHATSAPP CHATBOT UNTUK PARIWISATA DI KABUPATEN
Diterbitkan
2025-12-16
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 8 times
PDF (English) downloaded = 3 times