PEMBUATAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN RESTORAN DAN BARISTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN MAHASISWA PENDIDIKAN TATA BOGA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran berbasis Adobe Flash untuk Mahasiswa Pendidikan Tata Boga pada mata kuliah restoran dan barista, (2) mengetahui sejauh mana multimedia pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa, (3) mengetahui sejauh mana multimedia pembelajaran dalam meningkatkan keaktifan mahasiswa. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan mengacu pada langkah pengembangan Alessi & Trollip. Subjek coba penelitian ini terdiri atas uji alpha dan uji beta. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan cara pemberian pre-test dan post-test, sedangkan pengambilan data keaktifan dilakukan dengan cara penilaian angket keaktifan mahasiswa saat penggunaan multimedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk multimedia dalam kriteria sangat layak digunakan baik dari segi aspek penilaian materi maupun aspek penilaian media, (2) multimedia pembelajaran meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan preseantase pencapaian dari 5% (pre-test) menjadi 91,5% (post-test), (3) multimedia pembelajaran meningkatkan keaktifan siswa sebesar 66,90% dengan kriteria tinggi.
Referensi
[2] Alpi Sahrin, Y. Idrus, and Mustakim, “Media Pembelajaran Komputer Grafik Pada SMK Asa Telagawaru Berbasis Multimedia,” Tek. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 2, pp. 14–18, 2021, doi: 10.46764/teknimedia.v1i2.20.
[3] R. E. Mayer, MultimediaLlearning Prinsip-Prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
[4] Yuliadi, Mahsun, and M. Adami, “Rekayasa Video Profile Sebagai Media Promosi Stmik Syaikh Zainuddin Nw Anjani Menggunakan Teknik Videografi,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 2, no. 4, pp. 234–237, 2020, doi: 10.51401/jinteks.v2i4.826.
[5] S. Imany, G. D. Artanti, and A. Kandriasari, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Pembuatan Chiffon Cake Pada Mata Kuliah Kue Kontinental,” Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, vol. 8, no. 2, pp. 63–66, 2019, doi: 10.17509/boga.v8i2.21966.
[6] V. T. Mudiyanto Setiawan, Arie S.M Lumenta, “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Sekolah Dasar (Studi Kasus : SD Negeri I Bitung, Kelas VI),” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 6, no. 4, pp. 194–204, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/article/view/23233/22934
[7] S. Suyitno, “Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 23, no. 1, p. 101, 2016, doi: 10.21831/jptk.v23i1.9359.
[8] A. Kausar, Y. F. Sutiawan, and V. Rosalina, “Perancangan Video Company Profile Kota Serang Dengan Teknik Editing Menggunakan Adobe Premier Pro CS 5,” J. PROSISKO, vol. 2, no. 1, 2015, [Online]. Available: https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/download/94/153/
[9] A. N. Octaviani, E. Permana, and Y. Yayat, “Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Stability Flight and Dynamics Siswa SMK,” J. Mech. Eng. Educ., vol. 4, no. 1, p. 12, 2017, doi: 10.17509/jmee.v4i1.7435.
[10] S. Gischa, “Multimedia: Pengertian Para Ahli, Elemen, dan Jenisnya,” kompas.com, 2006. https://www.kompas.com/skola/read/2022/06/23/190000169/multimedia-pengertian-para-ahli-elemen-dan-jenisnya?page=all
[11] F. Armansyah, S. Sulton, and S. Sulthoni, “Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi,” J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 2, no. 3, pp. 224–229, 2019, doi: 10.17977/um038v2i32019p224.
[12] A. P. Hadi, “Mengenal Multimedia Interaktif Dalam Desain,” 2022. http://komputer-grafis-d3.stekom.ac.id/informasi/baca/Mengenal-Multimedia-Interaktif-dalam-Desain/c51d89e164e8ac68f4a08184c356fef02abfcfa1
[13] E. Elisa, “Pengertian Media Pembelajaran,” 2016. https://books.google.co.id/books?id=VJtIDwAAQBAJ&pg=PR4&dp=buku+media+pembelajaran+april+2017&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjJ16Wp4czsAhVw7XMBHVxwAgsQ6AEwAHoECAMQAg#v=onepage&q=buku media pembelajaran$20april 2017&f=false
[14] E. Dunia, “Tata Boga,” STEKOM.AC.ID, 2022. https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Tata_boga
[15] R. S. Dewi, “Adobe Flash.” 2022. [Online]. Available: https://www.nesabamedia.com/pengertian-adobe-flash/
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional