IMPLEMENTASI METODE EXTREME PROGRAMMING PADA SISTEM INFORMASI REPOSITORI SKRIPSI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PRABUMULIH
Abstrak
Sistem informasi repositori adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengatur pengarsipan koleksi skripsi mahasiswa agar menjadi lebih rapi, aman, mudah dikelola dan diakses kembali. Pada Perpustakaan Universitas Prabumulih, proses untuk mengakses skripsi masih dilakukan secara manual yaitu dengan mencari dan membaca skripsi yang tersedia di Perpustakaan Universitas Prabumulih. Hal inilah yang menjadi latar belakang bagi penelitian ini. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif diantaranya melakukan observasi langsung, wawancara dan studi pustaka. Sehingga diperoleh data bahwa belum tersedianya akses yang memudahkan mahasiswa untuk membaca skripsi fulltext secara online. Hasil dari penelitian ini adalah berupa rancangan sistem informasi repositori skripsi berbasis web yang diharapkan dapat membantu menyelesaikan kendala yang terjadi. Dengan menggunakan sistem informasi repositori dapat membantu staf perpustakaan dan mahasiswa dalam mendapatkan dan mengelola koleksi skripsi mahasiswa dengan cermat, tepat dan dalam waktu yang lebih cepat. Dalam perancangan sistem ini menggunakan metode Extreme Programming (XP) dengan alat bantu pemodelan sistem Unified Modeling Language (UML). Sistem ini dibuat dengan menggunakan bahasa PHP dan server database MySQL.
Kata Kunci: Extreme Programming, Sistem Informasi, Repositori, Skripsi.
Referensi
A. Herwatin et al., Antologi Pustakawan, vol. 1. UMMPress, 2019.
J. Nabila, PERPUSTAKAAN DIGITAL Pengembangan Repository Sebagai Sarana Preservasi Digital. Pascal Books, 2022.
M. R. Haroki, “Pengembangan Sistem Repositori Dokumen Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi di Universitas Negeri Jakarta.” UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA, 2017.
N. Nurdiana, “Pengembangan Sistem Informasi Repository Perpustakaan Berbasis Web (Studi Kasus Perpustakaan Universitas Majalengka),” in Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Bisnis, 2022, pp. 673–678.
S. E. Marisi Butarbutar et al., Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Multidisipliner. Media Sains Indonesia, 2022.
A. Rukajat, Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish, 2018.
A. Supriyatna and M. Informatika, “Metode Extreme Programming pada pembangunan WEB aplikasi seleksi peserta pelatihan kerja,” J. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 1–18, 2018.
I. G. N. Suryantara, S. Kom, and M. Kom, Merancang Applikasi dengan Metodologi Extreme Programming. Elex Media Komputindo, 2017.
A. T. Devega and S. Kom, Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. CV Batam Publisher, 2022.
A. C. Suhartini, “Buku ajar kuliah: perancangan basis data teori,” 2020.
A. Christian and M. Muchlis, “Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Repositori Karya Ilmiah Pada Stmik Prabumulih,” Paradigma, vol. 22, no. 2, pp. 225–230, 2020.
Y. Kurniawan and A. F. Nurjaya, Manajemen sumber daya manusia berhubungan dengan sistem rancangan formal dalam suatu organisasi untuk menentukan efektifitas dan efisiensi untuk mewujudkan sasaran suatu organisasi, bahwa sumber daya manusia harus didefinisikan bukan dengan apa yang sumbe. Pascal Books, 2022.
L. W. Santoso et al., Perancangan Sistem Informasi. Global Eksekutif Teknologi, 2023.
F. Fatoni and D. Irawan, “Implementasi Metode Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Informasi Izin Produk Makanan,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 8, no. 2, pp. 159–164, 2019.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional