PENGARUH FOTOGRAFI PRODUK SEPATU TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT DENGAN BLIND TEST
Abstrak
Pada saat ini, transaksi jual beli scara online semakin meningkat. Dalam hal ini, fotografi produk menjadi sebuah hal yang sangat penting. Fotografi produk yang baik dapat membantu menarik minat beli konsumen sehingga dapat meningkatkan nilai jual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui smartphone mana diantara Samsung dan Apple yang dapat menghasilkan foto produk yang lebih menjual menurut konsumen, serta untuk mengetahui apakah Foto Produk mempengaruhi Minat Beli masyarakat di Kota Batam. Dalam perancangan media, penulis memanfaatkan metode 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dalam pengembangan Foto Produk. Selain itu, penulis juga menggunakan metode kuantitatif yang dimana penyebaran data disebar melalui Google Form dengan total responden 385 data disertai blind test. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbandingan yang signifikan diantara smartphone produk Samsung dengan skor 4435 (54.2%) dan Apple dengan skor 3745 (45.2%) dalam menghasilkan Foto Produk yang lebih menjual. Kemudian untuk hasil analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa Foto Produk (nilai signifikansi < 0.01 pada uji t) memiliki pengaruh terhadap Minat Beli masyarakat di Kota Batam. Pengaruh ini juga dapat dilihat pada nilai koefisien determinasi, dimana Foto Produk berpengaruh sebesar 25.6% pada variabel Minat Beli.
Referensi
N. A. Rakhmawati, A. E. Permana, A. M. Reyhan, and H. Rafli, “Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Teknoinfo, vol. 15, no. 1, pp. 32–37, Jan. 2021, doi: 10.33365/jti.v15i1.868.
S. Fauzi and L. F. Lina, “Peran Foto Produk, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce,” Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, vol. 2, no. 1, p. 21, Feb. 2021, doi: 10.24853/jmmb.2.1.151-156.
R. Astuti, I. Ardila, R. Rahman Lubis, “Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse,” Jurnal Akuntansi, Manajemen, Ekonomi, vol. 2, no. 2, 2021.
W. A. Lukito and A. Fahmi, “Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa,” Journal of Economics and Accounting, vol 1, no. 2, Nov. 2020.
O. Ferina Nurlaily, S. Asmoro, and K. Aini, “Pelatihan Teknik Foto Produk Menggunakan Smartphone Untuk Meningkatkan Visual Branding Usaha Rintisan,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 3, 2021.
M. P. Kurniawan, “Foto Produk Untuk Meningkatkan Penjualan Online Anggota L3M (Lifelong Learning Mamas) Yogyakarta,” Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, 2019.
M. D. M. Alyatalatthaf, “Smartphone Photography Sebagai Media Promosi Pariwisata di Kampung Paniis, Pandeglang, Banten,” ABDIMAS, vol. 2, no. 2, pp. 25–29, 2021.
F. N. Aziah and A. Suyanto, “Analisis Perbandingan Brand Personality Smartphone Samsung dan Apple,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen , vol. 6, no. 1, pp. 210–222, 2021.
K. C. Porajow, J. A. F. Kalangi, and L. F. Tamengkel, “Pengaruh Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi di Manado,” Productivity, vol 1, no. 5, 2020.
Ricky and T. Wibowo, “Study of Photography Result using Blind Test Method,” TELCOMATICS, vol. 4, no. 2, pp. 8-19, Dec. 2019.
I. R. Servanda, P. R. K. Sari, and N. A. Ananda, “Peran Ulasan dan Foto Produk yang Ditampilkan Penjual pada Marketplace Shopee terhadap Minat Beli Pria dan Wanita,” Jurnal Manajemen dan Bisnis, vol. 2, no. 2, 2019.
W. Welson and D. Deli, “Studi Eksplorasi Perbandingan Fotografi Smartphone Menggunakan Metode Blind Test,” Hello World Jurnal Ilmu Komputer, vol. 1, no. 4, pp. 195–208, Dec. 2022, doi: 10.56211/helloworld.v1i4.182.
H. A. D. Rani and Nuryanti, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fotografi Berbasis Ecohistory untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan,” Joined Journal, vol. 2, no. 2, 2019.
C. K. Setiawan and S. Y. Yosepha, “Pengaruh Green Marketing dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Indonesia,” Jurnal Ilmiah M-Progress, vol. 10, no.1, 2020.
Z. D. Nabila, “Pengaruh Kewajiban Moral dan Lingkungan Sosial terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha,” Jurnal Nominal, vol. VIII, no. I, pp. 47–58, 2019.
F. Z. Indri and G. H. Putra, “Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Konsentrasi Pasar Terhadap Laporan Keuangan pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2016-2020,” Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 2, pp. 1–17, 2022.
S. Budiastuti, S. Hartati, and Suseno, “Analisis Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Kinerja Keuangan Perbankan (Studi Kasus Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020),” Jurnal Manajemen dan Ekonomi, vol. 5, no. 1, 2022.
F. Fatmawati and A. S. Lubis, “Pengaruh Perilaku Kewirausahaan terhadap Kemampuan Manajerial pada Pedagang Pakaian Pasar Pusat Pasar Kota Medan,” Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, Apr. 2020, doi: 10.24853/jmmb.1.1.1-10.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional