ANALISIS PERENCANAAN PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DI SMA NEGERI 1 CIMALAKA

  • Haria Saputry Wahyuni Perpustakan dan Sains Informasi FISIP Univ. Widyatama
  • Diah Sri Rejeki Perpustakan dan Sains Informasi FISIP Univ. Widyatama
  • Merryam Agustine Perpustakan dan Sains Informasi FISIP Univ. Widyatama
Kata Kunci: Perpustakaan, pengembangan perpustakaan, perpustakaan digital, perencanaan perpustakaan digital, SMA Negeri 1 Cimalaka

Abstrak

Keterbatasan luas ruangan perpustakaan dalam menunjang ketersediaan koleksi dan juga waktu pelayanan terkadang menjadi salah satu kendala dalam proses pengembangan perpustakaan yang didambakan oleh  siswa dengan kebutuhan informasi yang semakin beraneka ragam dalam memenuhi kebutuhan informasi pembelajaran. Demi bisa menunjang kegiatan sekolah secara onlie ke depannya, mau tidak mau sekolah perlu untuk melakukan pengembangan perpustakaan kearah digital agar seluruh koleksi yang merupakan sumber belajar siswa dapat diakses dimanapun kapanpun tanpa terbatas oleh jarak dan waktu yang selama ini menjadi kendala. Hal ini dilakukan agar siswa dapat memanfaatkan secara maksimal seluruh sumber belajar yang disediakan sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan perpustakaan digital SMA Negeri 1 Cimalaka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah perpustakaan baru memiliki aplikasi otomasi perpustakaan, dengan kata lain belum tersedianya perpustakaan digital dan juga web sekolah sehingga pengaksesan sumber belajar dan pemanfaatkan koleksi belum dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh siswa, guru dan juga tenaga kependidikan di SMAN 1 Cimalaka. Pengembangan perpustakaan digital di SMAN 1 Cimalaka diharapkan dapat meningkatkan penggunaan fasilitas perpustakaan dan sumber belajar dengan sangat maksimal tanpa terbatas ruang, jarak dan waktu serta dapat mempermudah pengelolaan perpustakaan menjadi efisien dan lebih modern. 

Referensi

Ernawati. 2018. Perpustakaan Digital Dalam Temu Kembali Informasi Dengan Opac: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Vol. 3 No. 1, hal. 108.
Hikamudin, M. I., Hartati, T., Agustin, M., Prawiyogi, A. G., & Fauzan, A.. 2019. Peningkatan Literasi Perpustakaan Digital Melalui Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di Sekolah Dasar. Journal of Library and Information Science, Vol. 9 No. 1, https://doi.org/10.17509/edulib.v9i1.15566
Makmur, Testiani. 2015. Perpustakaan Era Keterbukaan Informasi Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Pendit, Putu Laksman dkk. 2007. Perpustakaan Digital: Perspektif Perpustakaan. Perguruan Tinggi Indonesia. Jakarta: CV Sagung Seto.
Purwanti, R.. 2017. Pengaruh Perpustakaan Digital dan Gerakan Literasi Sekolah sebagai Sumber Belajar terhadap Peningkatan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) Peserta Didik: studi korelasional di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Bandung. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sudjana, Nana, dan Rivai, Ahmad. 1989. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sumiati, & Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Syukur, F.. 2008. Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasial Media Group.
Diterbitkan
2024-06-18
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 254 times
PDF (English) downloaded = 222 times