ANALISIS PERENCANAAN PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DI SMA NEGERI 1 CIMALAKA
Abstrak
Keterbatasan luas ruangan perpustakaan dalam menunjang ketersediaan koleksi dan juga waktu pelayanan terkadang menjadi salah satu kendala dalam proses pengembangan perpustakaan yang didambakan oleh siswa dengan kebutuhan informasi yang semakin beraneka ragam dalam memenuhi kebutuhan informasi pembelajaran. Demi bisa menunjang kegiatan sekolah secara onlie ke depannya, mau tidak mau sekolah perlu untuk melakukan pengembangan perpustakaan kearah digital agar seluruh koleksi yang merupakan sumber belajar siswa dapat diakses dimanapun kapanpun tanpa terbatas oleh jarak dan waktu yang selama ini menjadi kendala. Hal ini dilakukan agar siswa dapat memanfaatkan secara maksimal seluruh sumber belajar yang disediakan sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan perpustakaan digital SMA Negeri 1 Cimalaka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah perpustakaan baru memiliki aplikasi otomasi perpustakaan, dengan kata lain belum tersedianya perpustakaan digital dan juga web sekolah sehingga pengaksesan sumber belajar dan pemanfaatkan koleksi belum dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh siswa, guru dan juga tenaga kependidikan di SMAN 1 Cimalaka. Pengembangan perpustakaan digital di SMAN 1 Cimalaka diharapkan dapat meningkatkan penggunaan fasilitas perpustakaan dan sumber belajar dengan sangat maksimal tanpa terbatas ruang, jarak dan waktu serta dapat mempermudah pengelolaan perpustakaan menjadi efisien dan lebih modern.
Referensi
Hikamudin, M. I., Hartati, T., Agustin, M., Prawiyogi, A. G., & Fauzan, A.. 2019. Peningkatan Literasi Perpustakaan Digital Melalui Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di Sekolah Dasar. Journal of Library and Information Science, Vol. 9 No. 1, https://doi.org/10.17509/edulib.v9i1.15566
Makmur, Testiani. 2015. Perpustakaan Era Keterbukaan Informasi Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Pendit, Putu Laksman dkk. 2007. Perpustakaan Digital: Perspektif Perpustakaan. Perguruan Tinggi Indonesia. Jakarta: CV Sagung Seto.
Purwanti, R.. 2017. Pengaruh Perpustakaan Digital dan Gerakan Literasi Sekolah sebagai Sumber Belajar terhadap Peningkatan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) Peserta Didik: studi korelasional di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Bandung. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sudjana, Nana, dan Rivai, Ahmad. 1989. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sumiati, & Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Syukur, F.. 2008. Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasial Media Group.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional