PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AGAMA BUDDHA DI VIHARA GRHA BUDDHA MANGGALA BATAM
Abstrak
Vihara Grha Buddha Manggala merupakan salah satu tempat ibadah bagi umat beragama Buddha di Batam, di Vihara ini juga dilaksanakan kegiatan Sekolah Minggu Buddha. Sekolah Minggu Buddha adalah kegiatan pembelajaran non-formal yang dilakukan setiap hari minggu dan ditujukan bagi anak Buddhis. Dengan kecanggihan teknologi yang sudah berkembang pesat, hal ini turut berdampak pada keragaman bentuk dan jenis media pembelajaran, salah satunya adalah komik digital webtoon. Dengan memanfaatkan komik digital webtoon, peserta didik sekolah minggu dapat lebih mudah memahami materi pembelajaran sekolah minggu daripada melalui diskusi dan ceramah saja. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang menarik agar kegiatan pembelajaran sekolah minggu dapat terlaksanakan dengan lebih maksimal. Hasil dari penelitian ini adalah komik digital webtoon bertemakan Kisah Jataka yang dirancang dan dikembangkan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate).
Referensi
[2] W. P. Ramadhani, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP,” JUPITEK J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, pp. 77–86, Feb. 2019, doi: 10.30598/jupitekvol2iss2pp77-86.
[3] T. Herdyana, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA,” J. Pengabdia Pendidik. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 20–24, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/JPM.
[4] D. Surani, “STUDI LITERATUR : PERAN TEKNOLOG PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN 4.0,” vol. 2, no. 1, pp. 456–469, 2019.
[5] Pebrianto, Herpratiwi, and H. Fitriawan, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Hari Raya Agama Buddha di Sekolah Minggu Buddhis Bodhisattva,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 3, no. 4, pp. 1261–1270, 2021, doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.556 ISSN.
[6] A. Kharisma Dewi and A. Miftakus Surur, “Pengembangan Media Komik Sebagai Media Belajar Matematika Materi Pecahan Untuk Siswa SD Pada Masa Pembelajaran Daring Di Desa Rejowinangun,” J. Literasi Digit., vol. 1, no. 3, 2021, doi: 10.54065/jld.1.3.2021.67.
[7] E. A. Lestari and T. Ratnawuri, “PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI PADA MATERIMANAJEMEN KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PEKALONGAN,” 2020.
[8] I. G. P. A. A. Sedana, N. N. Ganing, and M. G. R. Kristiantari, “Mengembangkan E-Komik sebagai Media Pembelajaran pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Muatan IPS untuk Siswa Kelas IV SD,” 2022.
[9] A. Diny, S. Adnas, M. T. St, and M. Anjastri, “Perancangan Media Pembelajaran Rukun Islam Dalam Betuk Komik Digital,” J. Inf. Syst. Technol., vol. 03, no. 01, pp. 114–133, 2022.
[10] J. Pratama et al., “PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN KOMIK WEB MENGENAI PENDIDIKAN SEKS UNTUK REMAJA,” vol. 04, no. 03, pp. 327–342, 2022.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional