MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA MELALUI MEMBACA UJARAN BAGI PENYANDANG TUNARUNGU BERBASIS ANDROID

  • Muhammad Azmi STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani
  • M. Hafizulloh STMIK Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan Anjani
Kata Kunci: Aplikasi, media pembelajaran, membaca ujaran, tunarungu, android

Abstrak

Sistem komunikasi bagi tunarungu adalah komunikasi non verbal (non lisan) dengan menggunakan isyarat, baik dengan gerakan tangan ataupun isyarat tubuh dan mimik wajah. Tunarungu dapat diartikan sebagai suatu keadaan kehilangan pendengaran. Anak tunarungu adalah anak yang mengalami kekurangan dari segi pendengaran sehingga memerlukan pelayanan khusus. Anak tunarungu memiliki kesulitan dalam pengamatan suara melalui pendengarannya, oleh karena itu mereka harus menangkap bunyi atau suara ataupun ungkapan seseorang melalui penglihatannya. Dalam penelitian ini penulis mengkaji dan menganalisis masalah media pembelajaran bahasa melalui membaca ujaran bagi penyandang tunarungu berbasis Android. Tujuan penulisan adalah sebagai alat bantu atau media alternatif untuk bisa mempelajari bagaimana caranya membaca gerakan bibir lawan dalam proses berkomunikasi. Aplikasi ini meggunakan metode research and development (R&D) dan dalam perancangan aplikasi media pembelajaran ini, menggunakan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian ini adalah aplikasi media pembelajaran bahasa melalui membaca ujaran bagi penyandang tunarungu berbasis android yang telah dibuat dapat membantu proses pembelajaran, terutama antara guru dan murid tunarungu dalam pembelajaran di SLB Muhamadiyah Kelayu.

Referensi

[1] Al Hakim, M. B. M., Tolle, H., & Kharisma, A. P. (2019). Pengembangan aplikasi pelatihan bahasa pada tunarungu menggunakan google speech berbasis an-droid. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.
[2] Amajida, Pengembangan Media Mobile Learning Ber-basis Android Pada Materi Himpunan Siswa Kelas Vii Di Mts Nu Hasyim Asy ’Ari 03 Kudus. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga, 2020.
[3] Andleigh, P. H., & Thakrar, K. (1996). Multimedia au-thoring and user interface. Multimedia systems design, 433-470.
[4] Arsyad, A. (2005). Media Pembelajaran. jakarta: Raja Grafindo.
[5] Ashman, A., & Elkins, J. (1994). Educating children with special needs.
[6] Berger, J., Cohen, B. P., & Zelditch Jr, M. (1972). Status characteristics and social interaction. American socio-logical review, 241-255.
[7] Bohaeri, R., (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Ba-hasa Melalui Membaca Ujaran (Speechreading) Bagi Penyandang Tunarungu Berbasis Android Pada Sekolah Slb Dharma Wanita Mataram, (Skripsi), (Pro-gram pascasarjana S1 Ilmu Komputer Universitas Bumigora, Mataram).
[8] D. A. M. D. J. Deriwanto, “Pengembangan Media Pem-belajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar,” J. basicedu, vol. 3, no. 2, pp. 524–532, 2020.
[9] DePorter, B., & Hernacki, M. يشهوژپ هلاقم.‎
[10] Efendi, M. (2006). Pengantar psikopedagogik anak berkelainan.
[11] Hallahan, D. P. & Kauffman, J. M. (1991). Exception-ality Childern Introduction to MADCOMS, 2013. Edit-ing Video dengan Adobe Premiere Pro CS6. Yogyakar-ta: C.V Andi Offset
[12] Hendini, A. (2016). Pemodelan UML sistem informasi monitoring penjualan dan stok barang (studi kasus: dis-tro zhezha pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informat-ika, 4(2).
[13] Irawan, D. (2014). Pengembangan Model. An-Nuha, 1(November), 225-234.
[14] Kushartanti, K. (2007). Strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar: Peran guru da-lam menyikapi kurikulum tingkat satuan pendidikan. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 9(1), 107-117.
[15] Matthiessen, C.M.I.M. (1992). Lexicogramatical Car-tography: Englsih System (Draft). Sydney: University of Sydney. [Matthiessen, C. (1995). Lexicogramatical Cartography: Englsih System. Tokyo: International Language Sciences Publishers].
[16] Munir, (2013). Multimedia, Konsep dan Aplikasi Media pembelajaran. Jakarta: Alfabeta
[17] Nazruddin, S. H. (2014). Pemrograman Aplikasi Smartphone dan Tablet PC berbasis android. Bandung: Informatika
[18] Nurdina, A. (2017). Studi Kasus Tentang Kemampuan Membaca Ujaran Anak Tunarungu di SLB-B Dena Upakara Wonosobo. WIDIA ORTODIDAKTIKA, 6(1), 1-11.
[19] Pribadi, B. A. (2009). model desain sistem pembelaja-ran. Jakarta: Dian Rakyat.
[20] Richards, J., Platt, J. & Weber, H. (1985). Longman Dictionary of Applied Linguistics. Harlow: Longman.
[21] Ridlo, I. A. (2017). Panduan pembuatan flowchart. Fakultas Kesehatan Masyarakat, 11(1), 1-27.
[22] Rizal, H., Adhy, S., & Wirawan, P. W. (2014). Perancangan Dan Pembuatan Mobile Learning Inter-aktif Berbasis Android Dengan Metode Personal Ex-treme Programming. Journal of Informatics and Tech-nology, 2(3), 103-112.
[23] Rodilah, D. A. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Isyarat Untuk Tunarungu Berbasis Android (Doctoral dissertation, Universitas Panca Marga Probolinggo).
[24] Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelaja-ran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model ADDIE Pada Anak Usia Dini. In-struksional, 1(2), 122-130.
[25] Sanjaya, W. (2014). Penelitian pendidikan: jenis, metode dan prosedur.
[26] Sunaryo, I. (2020). Penggunaan Metode Membaca Ujaran Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Tunarungu Di Sekolah Dasar Luar Biasa (Sd-Lb) B Negeri Pembina Palembang. (Skripsi) (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Pa-lembang).
[27] Sutopo, H. (2008). Pengembangan Bahan Ajar Ber-basis Multimedia. Terse-dia:http://www.topazart.info/teks_teaching/mat/flash/tutorialBahanAjar Multimedia. Pdf.
[28] Somantri, Sutjihati, Psikologi Anak Luar Biasa, Ban-dung: Refika Aditama,( 2006). Special Education (fifth ed.). New Jersey: Prentice Hall International, Inc.
[29] Vaugan, T. (2011). Multimedia: Making It works. New Yorks: Mc Graw Hill.
[30] Wirawan, P. W. (2012). Pengembangan kemampuan e-learning berbasis web ke dalam m-learning. Jurnal Masyarakat Informatika, 2(4), 21-26.
Diterbitkan
2023-12-06
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 426 times
PDF (English) downloaded = 246 times