ANALISIS PENERAPAN TEKNIK SINEMATOGRAFI PADA VIDEO PERSEMBAHAN WISUDAWAN DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI
Abstrak
Penelitian ini difokuskan pada "Analisis Penerapan Teknik Sinematografi dalam Video Persembahan Wisudawan di Lingkungan Perguruan Tinggi." Pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dijalankan untuk mengumpulkan data melalui observasi video dan wawancara dengan tim produksi. Analisis data terpusat pada konsep "Five C's of Cinematography" karya John V. Mascelli, yang menyoroti Aspek Komposisi, Kontinuitas, Pemotongan, Pemotretan Mendekat, dan Sudut Kamera. Hasil penelitian menunjukkan penerapan yang baik dari elemen-elemen sinematografi dalam video tersebut, menampilkan variasi sudut kamera, kelangsungan visual yang baik, teknik pemotongan yang dinamis, penggunaan pemotretan dekat untuk mengekspresikan emosi, dan ragam komposisi visual yang kuat. Namun demikian, penelitian juga mengungkap potensi pengembangan yang masih dapat ditingkatkan, terutama seiring perkembangan teknologi. Meskipun video telah berhasil, rekomendasi penelitian menyarankan analisis lebih lanjut terhadap karya serupa yang lebih lama serta penyelidikan tentang pengaruh teknologi terkini dalam pengambilan gambar dan penyuntingan video. Kesimpulan dari penelitian menekankan keberhasilan penerapan teknik sinematografi dalam video, sementara saran untuk penelitian selanjutnya mengajak untuk memaksimalkan potensi pengembangan melalui pemanfaatan terus-menerus perkembangan teknologi yang ada.
Referensi
[2] B. Fisher and L. Codelli, The Art of Cinematog-raphy. New York: Skira, 2014.
[3] D. Landau, Lighting for Cinematography: A Practi-cal Guide to the Art and Craft of Lighting for the Moving Image (The CineTech Guides to the Film Crafts). London: Bloomsbury Academic, 2014.
[4] R. N. Kraft, “The influence of camera angle on comprehension and retention of pictorial events,” Mem Cognit, vol. 15, no. 4, pp. 291–307, 1987.
[5] B. Block, The Visual Story, Second Edition: Creat-ing the Visual Structure of Film, TV and Digital Media. London: Routledge, 2007.
[6] R. N. Halle, After the Avant-Garde: Contemporary German and Austrian Experimental Film (Screen Cultures: German Film and the Visual, 3). German: Camden House, 2008.
[7] M. Shiel and T. Fitzmaurice, Cinema and the City: Film and Urban Societies in a Global Context. Am-sterdam: John Wiley & Sons, 2011.
[8] C. Kenworthy, Master Shots Vol 1, 2nd edition: 100 Advanced Camera Techniques to Get An Expensive Look on your Low Budget Movie. New York: Mi-chael Wiese Productions, 2012.
[9] C. Haine, Color Grading 101: Getting Started Col-or Grading for Editors, Cinematographers, Direc-tors, and Aspiring Colorists. London: Routledge, 2019.
[10] R. L. Carringer, The Making of Citizen Kane, Re-vised edition. California: University of California Press, 1996.
[11] J. V. Mascelli, Five C’s Of Cinematography: Mo-tion Picture Filming Techniques. New York: Sil-man-James Press, 2005.
[12] K. Dancyger, The Technique of Film and Video Ed-iting: History, Theory, and Practice, 5th ed. New York: Routledge, 2010.
[13] K. Malkiewucz, Film Lighting: Talks with Holly-wood’s Cinematographers and Gaffers. London: Touchstone, 2012.
[14] M. Sinclair, USA. In the Blink of an Eye, (2009).
[15] L. J. Moleong, Metode Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
[16] Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif & RND. Bandung: Alfabeta, 2010.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional