PERMODELAN PROTOTYPE E-KATALOG SEBAGAI MEDIA PEMASARAN BAGI PELAKU UMKM TENUN KRE' ALANG SUMBAWA
Abstrak
Kre’ Alang merupakan kain tenun tradisional khas Sumbawa yang memiliki nilai budaya, ekonomi tinggi, keindahan, dan keunikan yang diminati banyak orang. Adanya persaingan produk Kre’ Alang asli Sumbawa dengan produk tiruan sejenis dengan harga yang lebih murah, sehingga menjadi ancaman bagi eksistensi tenun asli Sumbawa. Salah satu faktor yang menyebabkan Kre’ Alang asli Sumbawa kalah bersaing dengan produk tiruan adalah keterbatasan media pemasarannya. Pelaku UMKM di Sumbawa masih mengandalkan word of mouth marketing untuk memasarkan produk Kre’ Alang, sehingga memiliki keterbatasan dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Hal ini menyebabkan Kre’ Alang asli Sumbawa belum dapat mencapai potensi pasarnya secara maksimal. E-Katalog) merupakan solusi yang dapat membantu untuk menjangkau pasar yang lebih luas. E-Katalog memberikan informasi yang lengkap dan detail tentang produk kepada konsumen, sehingga memudahkan dalam memilih dan membeli produk yang diinginkan. Penelitian tahun 2023 yang dilakukan oleh tim peneliti menunjukkan bahwa orientasi teknologi menjadi faktor penting dalam meningkatkan daya saing produk. Orientasi teknologi mengacu pada tingkat penggunaan teknologi terbaru dalam pemasaran produk. Penggunaan teknologi seperti e-Katalog dapat membantu pelaku UMKM Kre’ Alang untuk memasarkan produknya secara luas, sehingga meningkatkan daya saing dan peluang dalam mencapai pasar. Adapun metode pembuatan model prototyping e-Katalog Kre Alang menggunakan metode prototipe yang bersifat fleksibel dengan waktu singkat dan bersifat dinamis dalam pembuatannya.
Referensi
[2] P. Kristian Kemas PJ and A. Kurnia SF, “Analisis Semiotika Motif Kre Alang Dan Sapu Alang Sumbawa,” KAGANGA KOMUNIKA J. Commun. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 17–39, 2019, doi: 10.36761/kagangakomunika.v1i1.409.
[3] R. Masniadi, A. Asmini, and Y. Asri, “Analisis Pendapatan Usaha Home Industri Kain Tenun (Kre Alang) di Dusun Sameri Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa Tahun 2019,” J. Ekon. Bisnis, vol. 7, no. 2, pp. 171–181, 2019, [Online]. Available: http://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/jeb/article/view/533.
[4] K. Hermanto, S. Altarisi, and S. F. Utami, “Analisis Strategi Pemasaran Tenun Kre Alang Menggunakan Analisis Swot Dan Bauran Pemasaran,” J. Ind. Pariwisata, vol. 5, no. 1, pp. 38–50, 2022, doi: 10.36441/pariwisata.v5i1.985.
[5] A. Abdurrozaq and G. Rahma Deni, “Perancangan Branding Kre Sesek Sentra Tenun ‘Karya Mandiri’ Sumbawa melalui Media Desain Komunikasi Visual,” JISIP (Jurnal Ilmu Sos. dan Pendidikan), vol. 6, no. 1, pp. 1821–1831, 2022, doi: 10.58258/jisip.v6i1.2638.
[6] N. D. Sofya, E. Ekastini, and K. Hermanto, “Analisis Indikator Penyusun Variabel Laten Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Tenun Kre’ Alang,” J. Ilm. Glob. Educ., vol. 4, no. 4, pp. 2124–2132, 2023, doi: 10.55681/jige.v4i4.1382.
[7] A. Efranoza, “Perancangan Aplikasi Katalog Digital Berbasis Web pada toko Istana Textile sebagai Media Promosi,” Judikatif J. Desain Komun. Kreat., vol. 1, no. 2, pp. 35–37, 2019, doi: 10.35134/judikatif.v1i2.28.
[8] M. A. Suminto and P. F. Arifianto, “Perancangan E-Catalog Ardent Signature Sebagai Media Pemasaran Digital Produk Kursi Kantor Premium,” Nirmana, vol. 24, no. 1, pp. 60–71, 2024, doi: 10.9744/nirmana.24.1.60-71.
[9] Rodianto and F. Caputra Kandidat, “Rancang Bangun Aplikasi Electronic Commerce ‘Kre Alang’ Pada Ukm. Kemang Satange Sumbawa,” J. TAMBORA, vol. 3, no. 3, pp. 24–32, 2019, doi: 10.36761/jt.v3i3.392.
[10] Y. Karisma, E. S. Susanto, and L. Hartina, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Kain Tenun (Kre Alang) Berbasis Web,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 2, no. 3, pp. 152–158, 2020, doi: 10.51401/jinteks.v2i3.749.
[11] R. S. Pressman, “BOOK_Roger S. Pressman-Adi Nugroho_Rekayasa perangkat lunak_Cover,” Rekayasa Perangkat Lunak. Pendekatan Praktisi (Edisi 7) Yogyakarta: Andi Offset. 2012.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional