SISTEM INFORMASI PEMASARAN PERUMAHAN GRIYA PANJI BERBASIS WEB PADA PT NOVAL PERKASA PRIMA
Abstrak
Pertumbuhan penduduk yang terus meningkat di Indonesia telah mendorong lonjakan permintaan perumahan, yang merupakan kebutuhan pokok serta simbol status sosial dan ekonomi. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) berperan sebagai instrumen pembiayaan penting, memfasilitasi masyarakat dalam membeli atau memperbaiki rumah. PT. Noval Perkasa, sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang pengembangan proyek perumahan, menghadapi tantangan dalam pemasaran perumahan Griya Panji yang masih menggunakan metode konvensional seperti brosur dan pencatatan manual. Penelitian ini merancang sistem informasi pemasaran berbasis web untuk mempermudah proses promosi dan pemesanan rumah secara real-time. Website ini memungkinkan calon pembeli mengakses informasi lengkap tentang perumahan dan melakukan transaksi tanpa harus datang ke lokasi, sementara manajemen dapat memonitor dan mengevaluasi data pemesanan uang muka perumahan untuk pengambilan keputusan strategis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu PT. Noval Perkasa dalam mengelola pemasaran perumahan dengan lebih efisien dan modern, serta dapat menarik minat lebih banyak calon pembeli.
Referensi
[2] P. M. Guarango, “No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים,” הארץ, no. 8.5.2017, pp. 2003–2005, 2022.
[3] Y. Fernando, I. Ahmad, A. Azmi, and I. Borman, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Katalog Perumahan Sebagai Media Pemasaran Pada PT. San Esha Arthamas,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 5, no. 1, pp. 62–71, 2021.
[4] D. Sebagai, S. Menyelesaikan, M. Kuliah, and P. Kerja, “Laporan kegiatan prosedur pembelian rumah pada pt ath zafir propertindo,” 2022.
[5] Z. Azhar and M. Handayani, “Analisis Faktor Prioritas Dalam Pemilihan Perumahan Kpr Menggunakan Metode Ahp,” J. Manaj. Inform. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, p. 19, 2018
[6] V. I. Warohmah, T. Turini, and W. E. Septian, “Perancangan Aplikasi Pencatatan Uang Muka Kpr Pada Taman Anggrek Group Head Office Berbasis Web,” J. Digit, vol. 13, no. 1, p. 41, 2023, doi: 10.51920/jd.v13i1.319.
[7] F. R. Arfianto and F. Nugrahanti, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Perumahan Berbasis Web Pada Cv. Grand Permata Residence Magetan,” Senati, vol. 1, no. 2017, pp. 1–6, 2018, [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/1313
[9] H. Irsyad, “Penerapan Metode Waterfall Pada Aplikasi Perumahan Di Kota Palembang Berbasis Web Mobile (Studi Kasus Pt. Sandaran Sukses Abadi),” J. Tek. Inform. Musirawas, vol. 3, no. 1, p. 9, 2018, doi: 10.32767/jutim.v3i1.310.
[10] S. C. Polanco and A. T. Priadika, “Rancang Bangun Aplikasi E-Marketing Berbasis Web Menggunakan Metode Sostac (Studi Kasus: Pt. Dimitra Adi Wijaya Bandar Lampung),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 71–76, 2022, [Online].
[11] A. Habibillah, T. Terttiaavini, and A. Heryati, “Pengembangan Perpustakaan Digital Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sd Negeri 8 Rantau Bayur Palembang,” Klik - J. Ilmu Komput., vol. 3, no. 1, pp. 42–49, 2022.
[12] J. E. F. Sitanggang, Hendri, and Nurhadi, “Perancangan Sistem Informasi Perumahan Di Kota Jambi Berbasis Web (Studi Kasus: Meranti Estate),” J. Ilm. Media Sisfo, vol. 12, no. 1, pp. 1026–1035, 2018.
[13] A. Herdiansah, T. Handayani, and E. Yunita, “Rancang Bangun Sistem Pemasaran Properti Berbasis Web Studi Kasus PT. Akila Trijaya,” J. Ilm. MATRIK, vol. 22, no. 1, pp. 8–17, 2020.
[14] L. Suvi Rahmawati, A. Prasetyo, J. Maknunah, and L. M. Safitri, “Sistem Informasi Pemasaran Perumahan Green Pakis Regency Berbasis Web Web-Based Green Pakis Regency Residential Marketing Information System D3-Sistem Informasi, STMIK PPKIA Pradnya Paramita,” J. Inform. dan Teknol. Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 29–39, 2023, [Online].
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional