VIRTUAL TOUR BERBASIS E-PANORAMA SEBAGAI PENGENALAN KAMPUS UNIVERSITAS PENDIDIKAN MANDALIKA
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah mendorong munculnya inovasi digital dalam berbagai bidang, salah satunya adalah inovasi Virtual Tour. Kampus Undikma perlu memiliki media promosi visual yang dapat menggambarkan fasilitas dan lingkungan kampus secara menyeluruh, serta mudah diakses oleh calon mahasiswa dan masyarakat luas. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membangun Virtual Tour berbasis E-Panorama sebagai media pengenalan kampus Undikma secara visual kepada calon mahasiswa dan masyarakat melalui sebuah website yang dapat diakses oleh siapa saja. Dengan memanfaatkan foto panorama 360 derajat, Virtual Tour ini diharapkan memberikan pengalaman visual yang interaktif bagi pengguna serta meningkatkan daya tarik kampus Undikma bagi calon mahasiswa dan masyarakat. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahap, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Berdasarkan dari hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa Virtual Tour memenuhi standar yang tinggi dengan persentase kelayakan 87 persen dari ahli media dan 85,72 persen dari pengguna, sehingga Virtual Tour ini dapat dinyatakan layak untuk digunakan dengan tingkat penerimaan yang sangat baik. Maka, dapat disimpulkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembangunan Virtual Tour berbasis E-Panorama telah berhasil mencapai tujuan sebagai media pengenalan kampus Undikma secara visual kepada calon mahasiswa dan masyarakat melalui sebuah website yang dapat diakses oleh siapa saja dan dapat diterima dengan baik oleh pengguna.
Referensi
[2] M. N. Raihan and I. G. L. P. Eka Prismana, “Implementasi Sistem Virtual Tour E-Panorama Sebagai Media Informasi dan Pengenalan Gedung Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya,” J. Informatics Comput. Sci., vol. 5, no. 03, pp. 291–303, 2023, doi: 10.26740/jinacs.v5n03.p291-303.
[3] Z. Muttaqin, T. Nurhadiyan, and Y. Arifin, “Aplikasi Virtual Tour Tempat Wisata Alam Gunung Pilar Di Kabupaten Serang,” ProTekInfo(Pengembangan Ris. dan Obs. Tek. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 1–6, 2021, doi: 10.30656/protekinfo.v8i1.5056.
[4] T. L. M. Suryanto, N. C. Wibowo, A. P. Wibawa, and B. Nadhiroh, “Analisis Penerapan Aplikasi Museum Virtual Indonesia (Simvoni),” J. Sist. Inf. dan Bisnis Cerdas, vol. 15, no. 1, pp. 49–54, 2022, doi: 10.33005/sibc.v15i1.8.
[5] S. Riyadi, I. Nurhaida, U. Mercubuana, P. Korespondensi, and U. M. Buana, “Aplikasi Sistem Virtual Tour E-Panorama 360 Derajat Virtual Tour E-Panorma 360 Degree System Application Based on Android for Introduction Mercu Buana Campus,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 17–24, 2022, doi: 10.25126/jtiik.202294209.
[6] D. Dio, N. Safriadi, and A. S. Sukamto, “Rancang Bangun Aplikasi Virtual Tour Lokasi Rekreasi dan Hiburan Keluarga di Pontianak,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.26418/justin.v7i1.27384.
[7] I. G. B. Subawa, I. N. E. Mertayasa, and D. S. Wahyuni, “Pengembangan Virtual Tour Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Berbasis Fotografi 360 Derajat,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 11, no. 3, pp. 334–343, 2022.
[8] A. Fauzan, Z. Maisat Eka, Z. Fairozal Akbar, and K. Fathoni, “Pengembangan Aplikasi Virtual Tour sebagai Media Pengenalan Lingkungan Kampus PENS berbasis Website,” J. Teknol. Terpadu, vol. 7, no. 1, pp. 23–30, 2021, doi: 10.54914/jtt.v7i1.341.
[9] A. B. Virtual Tour Daerah Konservasi Sumber Daya Alam di Sulawesi Utara Corneles Ulukyanan, B. S. Narasiang, and B. A. Sugiarso, “Virtual Tour of Natural Resources Conservation Area in North Sulawesi,” J. Tek. Inform., vol. 16, no. 2, p. 203, 2021.
[10] F. Alfiansyah, S. Lina, and M. Sitio, “Implementasi Metode Multimedia Development Life Cycle (Mdlc) Pada Aplikasi Edukasi Interaktif Pengenalan Mental Health Kepada Masyarakat Berbasis Mobile,” Log. J. Ilmu Komput. dan Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 6–16, 2022, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic
[11] Y. Sumaryana and M. Hikmatyar, “Aplikasi Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (Mdlc),” TeIKa, vol. 10, no. 2, pp. 117–124, 2020, doi: 10.36342/teika.v10i2.2381.
[12] R. Rosmiati, B. P. Nugroho, S. Hendartie, S. Sulistyowati, and R. Rudini, “Media Informasi Peraga Alat Fitness Berbasis Multimedia,” J. Sains Komput. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 2, pp. 17–21, 2022, doi: 10.33084/jsakti.v4i2.3360.
[13] D. G. Thomas, S. R. U. A. Sompie, and B. A. Sugiarso, “Virtual Tour Sebagai Media Promosi Interaktif Penginapan Di Kepulauan Bunaken,” J. Tek. Inform., vol. 13, no. 1, pp. 14–22, 2018, doi: 10.35793/jti.13.1.2018.20188.
[14] E. L. Hady, K. Haryono, and N. W. Rahayu, “User Acceptance Testing (UAT) pada Purwarupa Sistem Tabungan Santri (Studi Kasus: Pondok Pesantren Al-Mawaddah),” J. Ilm. Multimed. dan Komun., vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2020.
[15] D. Satrio and A. Muhardono, “Virtual Tour Berbasis Website Sebagai Pendukung Media Pemasaran Kampus,” J. Minfo Polgan, vol. 12, no. 1, pp. 289–296, 2023, doi: 10.33395/jmp.v12i1.12372.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional