VISUALISASI STRUKTUR ORGAN ANATOMI HEWAN TERNAK BERBASIS AUGMENTED REALITY

  • Jimmy Pratama Universitas Internasional Batam
  • Bayu Syahputra Universitas Internasional Batam
  • Febby Anggellya Universitas Internasional Batam
Kata Kunci: Augmented Reality, Interaktif, 3D, RnD

Abstrak

Seiring waktu perkembangan teknologi berjalan, pemanfaatan Augmented Reality (AR) dalam pendidikan semakin berkembang, khususnya dalam media pembelajaran ilmu biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality berbasis 3D untuk visualisasi struktur organ anatomi hewan ternak, khususnya sapi (Bos taurus) dan ayam (Gallus gallus). Aplikasi pada penelitian ini dirancang untuk memberikan pengalaman pembelajaran interaktif dengan fitur-fitur seperti rotasi, zoom, dan eksplorasi mendalam terhadap struktur organ hewan ternak khususnya sapi dan ayam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) yang menampilkan struktur organ anatomi hewan ternak, seperti sapi dan ayam. Metode yang digunakan sebagai pengembangan adalah Research and Development (R&D) dan pendekatan kualitatif untuk menggali umpan balik pengguna terhadap aplikasi. Pengembangan meliputi analisis kebutuhan, desain, prototipe, dan pengujian. Hasil pendekatan kualitatif yaitu wawancara menunjukkan bahwa 80% peserta merasa aplikasi ini efektif dalam membantu pemahaman anatomi hewan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa AR adalah media pembelajaran yang menarik dan efektif, dengan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut menggunakan elemen interaktif dan teknologi 3D.

Referensi

[1] T. Pratama, Y. Rahmanto, and A. D. Putra, “Aplikasi Pembelajaran Hewan Reptil Berbasis Augmented Reality,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 1, pp. 73–76, 2022, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
[2] N. Resti, R. Ridwan, R. T. Palupy, and R. Riandi, “Inovasi Media Pembelajaran Menggunakan Ar (Augmented Reality) Pada Materi Sistem Pencernaan,” Biodik, vol. 10, no. 2, pp. 238–248, 2024, doi: 10.22437/biodik.v10i2.34022.
[3] N. Alfitriani, W. A. Maula, and A. Hadiapurwa, “Penggunaan Media Augmented Reality Dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi,” J. Penelit. Pendidik., vol. 38, no. 1, pp. 30–38, 2021, doi: 10.15294/jpp.v38i1.30698.
[4] D. D. S. Fatimah, A. Latifah, and H. Haniyah, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Kata Benda Bahasa Arab Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu,” J. Algoritm., vol. 19, no. 2, pp. 781–789, 2022, doi: 10.33364/algoritma/v.19-2.1209.
[5] E. Kurniawan, A. Fithria, and B. -, “Analisis Kondisi Satwa Liar Di Areal Pertambangan Batubara (Pt. Jorong Barutama Greston),” J. Sylva Sci., vol. 4, no. 2, p. 242, 2021, doi: 10.20527/jss.v4i2.3335.
[6] I. G. Harsemadi, R. Tandojaya, and I. N. R. Hendrawan, “Insectar: Aplikasi Berbasis Augmented Reality Pengenalan Morfologi Hewan Serangga,” SENSITIf Semin. Nas. Sist. Inf. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. Mdlc, pp. 1157–1168, 2019.
[7] S. N. Fitriani and B. Z. Yusmayani, “Relevansi Bahan Ajar Dengan Standar Isi Kurikulum Mi/Sd Kelas V Tema I (Organ Hewan Dan Manusia) Terbitan Citra Pustaka,” BADA’A J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 2, pp. 195–210, 2020, doi: 10.37216/badaa.v2i2.386.
[8] S. A. Endaryati, I. R. W. Atmojo, S. Y. Slamet, and K. C. Suryandari, “Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning Untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar,” DWIJA CENDEKIA J. Ris. Pedagog., vol. 5, no. 2, p. 300, 2021, doi: 10.20961/jdc.v5i2.56190.
[9] K. Nistrina, “Penerapan Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran,” J. Sist. Informasi, J-SIKA, vol. 03, no. 01, pp. 1–6, 2021.
[10] M. Mutakin, S. S. Sundari, and Y. Sumaryana, “Implementasi Augmented Reality Untuk Estimasi Bobot Dan Harga Jual Hewan Ternak Sapi Berbasis Android,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 2, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i2.4120.
[11] R. Aditia, “Peran Dan Tantangan Teknologi Augmented Reality Dalam Meningkatkan Pengalaman Pengguna Media,” J. Ilmu Sos. dan Hum., vol. 4, no. 1, pp. 35–43, 2024.
[12] I. Ahmad, S. Samsugi, and Y. Irawan, “Penerapan Augmented Reality Pada Anatomi Tubuh Manusia Untuk Mendukung Pembelajaran Titik Titik Bekam Pengobatan Alternatif,” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 1, p. 46, 2022, doi: 10.33365/jti.v16i1.1521.
[13] T. P. Socrates and F. Mufit, “Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality: Studi Literatur,” EduFisika J. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 1, pp. 96–101, 2022, doi: 10.59052/edufisika.v7i1.19219.
[14] Y. Dela Carolina, S. M. A. N. Wates, K. Progo, and D. I. Yogyakarta, “Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native,” vol. 8, no. 1, pp. 10–16, 2023.
[15] M. G. N. Utomo, I. N. S. Degeng, and H. Praherdiono, “Pengembangan Kartu Dengan Teknologi 3D Augmented Reality Sebagai Media Visual Tematik Untuk Siswa Kelas VI SD,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 162–171, 2022, doi: 10.17977/um038v5i22022p162.
[16] A. R. N. E. Ein and Martadi., “Perancangan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Tata Surya Di Masa Pandemi,” J. Barik, vol. 3, no. 1, pp. 195–206, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
[17] M. T. Dwariani, N. Sugihartini, and G. S. Santyadiputra, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Mamalia Laut Berbasis Virtual Reality Terhadap Prestasi Belajar Anak Kelompok B di TK Negeri Banjar,” Int. J. Nat. Sci. Eng., vol. 4, no. 1, pp. 39–46, 2020.
[18] V. R. Wibowo, K. Eka Putri, and B. Amirul Mukmin, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Penggolongan Hewan Kelas V Sekolah Dasar,” PTK J. Tindakan Kelas, vol. 3, no. 1, pp. 58–69, 2022, doi: 10.53624/ptk.v3i1.119.
[19] R. A. Nurmanto and M. Zakariyah, “Aplikasi Pengenalan Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pengobatan Berbasis Augmented Reality,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan …, vol. 4, no. 4, pp. 2018–2027, 2024, doi: 10.30865/klik.v4i4.1696.
[20] F. F. Dewi and S. L. Handayani, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2530–2540, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i4.1229.
Diterbitkan
2025-06-12
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 26 times
PDF (English) downloaded = 18 times