PENGEMBANGAN GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PRASEKOLAH BERBASIS ANDROID

  • Aryo Prasetya Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
  • Novramdan Ilham Alan Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
  • Ahmat Josi Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
  • Sidhiq Andriyanto Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
Kata Kunci: Anak Prasekolah, Game Edukasi, Motorik Halus

Abstrak

Perkembangan motorik halus anak usia dini merupakan aspek kritis yang memerlukan stimulasi tepat, namun tantangan dalam pendidikan prasekolah saat ini menunjukkan keterbatasan media pengembangan keterampilan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan game edukasi berbasis Android bernama GELANG (Gerak Gemilang) untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak prasekolah. Metode penelitian menggunakan Game Development Life Cycle (GDLC) dengan enam tahapan: inisialisasi, pra-produksi, produksi, pengujian alpha, pengujian beta, dan rilis. Game dirancang menggunakan Unity Game Engine dengan tiga jenis permainan: puzzle, labirin, dan mewarnai, yang masing-masing memiliki tiga level kesulitan. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan observasi di PAUD Kemuning Kecamatan Koba, dengan melibatkan 14 anak prasekolah. Hasil pengujian menunjukkan game memperoleh validasi ahli sebesar 92% dengan kategori "Sangat Valid". Blackbox testing mengonfirmasi seluruh fungsi game berjalan optimal, sementara pengujian beta mengindikasikan game efektif meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Game GELANG terbukti mampu menciptakan media pembelajaran interaktif yang menarik, mendukung perkembangan koordinasi mata-tangan, dan merangsang kreativitas anak secara menyenangkan.

Diterbitkan
2025-06-12
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 41 times
PDF (English) downloaded = 22 times