PENGEMBANGAN GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PRASEKOLAH BERBASIS ANDROID
Abstrak
Perkembangan motorik halus anak usia dini merupakan aspek kritis yang memerlukan stimulasi tepat, namun tantangan dalam pendidikan prasekolah saat ini menunjukkan keterbatasan media pengembangan keterampilan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan game edukasi berbasis Android bernama GELANG (Gerak Gemilang) untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak prasekolah. Metode penelitian menggunakan Game Development Life Cycle (GDLC) dengan enam tahapan: inisialisasi, pra-produksi, produksi, pengujian alpha, pengujian beta, dan rilis. Game dirancang menggunakan Unity Game Engine dengan tiga jenis permainan: puzzle, labirin, dan mewarnai, yang masing-masing memiliki tiga level kesulitan. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan observasi di PAUD Kemuning Kecamatan Koba, dengan melibatkan 14 anak prasekolah. Hasil pengujian menunjukkan game memperoleh validasi ahli sebesar 92% dengan kategori "Sangat Valid". Blackbox testing mengonfirmasi seluruh fungsi game berjalan optimal, sementara pengujian beta mengindikasikan game efektif meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Game GELANG terbukti mampu menciptakan media pembelajaran interaktif yang menarik, mendukung perkembangan koordinasi mata-tangan, dan merangsang kreativitas anak secara menyenangkan.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional