PENGEMBANGAN SISTEM PEMESANAN TIKET WAYANG ORANG SRIWEDARI MENGGUNAKAN PAYMENT GATEWAY MIDTRANS

  • Vera Wati Politeknik Negeri Indramayu
  • Nisrina Yulia Setyawati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Wartono Wartono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Kata Kunci: Sistem Pemesanan Tiket, Wayang Orang Sriwedari, Midtrans

Abstrak

ABSTRAK

Pariwisata budaya merupakan salah satu pilihan perjalanan yang bisa dipilih oleh masyarakat. Destinasi budaya biasanya menitikberatkan pada seni atau budaya yang ada di suatu daerah. Seperti salah satu destinasi budaya yang ada di Kota Surakarta, yaitu Wayang Orang Sriwedari. Wayang Orang Sriwedari menjadi destinasi dengan antusiasme yang cukup tinggi dan saat ini sedang populer di kalangan anak muda. Dengan kondisi operasional yang berjalan saat ini, terdapat beberapa keluhan yang bermunculan, seperti kurangnya informasi yang disampaikan mengenai sinopsis pertunjukan hingga terjadinya antrian di depan loket. Sebagian masyarakat juga mulai menanyakan bagaimana cara untuk melakukan pembelian tiket secara online. Untuk mengatasi keluhan dan permasalahan yang terjadi, maka dilakukan pembuatan sistem informasi pemesanan tiket pertunjukan Wayang Orang Sriwedari dengan metode waterfall. Pada sistem ini juga terintegrasi dengan midtrans sehingga mendukung transaksi pembayaran secara multi-payment. Pengujian sistem dilakukan terhadap koneksi endpoint pembayaran dan hasilnya menunjukkan bahwa integrasi dengan payment gateway midtrans sudah berjalan dengan baik. Serta dari hasil uji fungsionalitas dengan black box testing menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan dengan baik.

Kata Kunci: Sistem Pemesanan Tiket, Wayang Orang Sriwedari, Midtrans

Referensi

[1] B. P. Statistik, Statistik Wisatawan Nusantara 2023. Badan Pusat Statistik, 2023.

[2] P. E. Wirawan and V. Octaviany, Pengantar Pariwisata. Nilacakra, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=KfqZEAAAQBAJ

[3] A. A. Rahma, “Potensi Sumber Daya Alam dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata Di Indonesia,” J. Nas. Pariwisata, vol. 12, no. 1, p. 1, Apr. 2020, doi: 10.22146/jnp.52178.

[4] Estikowati, S. Alvianna, W. Astuti, S. Hidayatullah, and R. Krisnanda, Pengantar Ilmu Pariwisata. Uwais Inspirasi Indonesia, 2022.

[5] T. N. Fitria, “The Performance of Wayang Orang Sriwedari Surakarta: A Cultural Preservation,” J. Humaya J. Hukum, Humaniora, Masyarakat, dan Budaya, vol. 3, no. 2, pp. 123–138, Dec. 2023, doi: 10.33830/humaya.v3i2.6276.

[6] A. M. S. Huda and Y. Fernando, “E–Ticketing Penjualan Tiket Event Musik Di Wilayah Lampung Pada Karcismu Menggunakan Library Reactjs,” J. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 96–103, 2021.

[7] J. Margaretha and A. Voutama, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Konser Musik Berbasis Web Menggunakan Unified Modeling Language (UML),” JOINS (Journal Inf. Syst., vol. 8, no. 1, pp. 20–31, Jun. 2023, doi: 10.33633/joins.v8i1.7107.

[8] A. Ramadhan and R. S. Tamba, “Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan E-wallet Gopay di wilayah DKI Jakarta,” Abiwara J. Vokasi Adm. Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 134–139, 2022, doi: 10.31334/abiwara.v3i2.2218.

[9] Y. Z. Surentu, D. M. D. Warouw, and M. Rembang, “Pentingnya website sebagai media informasi destinasi wisata di dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten minahasa,” Acta Diurna Komun., vol. 2, no. 4, 2020.

[10] R. A. Siahaan and R. A. Sianturi, “Analisis Perbandingan Payment Gateway untuk Sistem Pembayaran Berbasis Aplikasi dengan Comparative Study,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 11, no. 2, pp. 291–296, 2024.

[11] B. Setiawan, B. Selviana, and A. S. Y. Irawan, “Mengoptimalkan Fungsi Payment Gateway Midtrans pada Website Coffee Shop Melalui Penggunaan Metode Prototype pada Proses Pengembangan,” JRST (Jurnal Ris. Sains dan Teknol., vol. 7, no. 2, pp. 219–228, 2023.

[12] Y. Prasetyo and J. Sutopo, “Implementasi Layanan Payment Gateway Pada Sistem Informasi Transaksi Pembayaran,” Univ. Technol. Yogyakarta, p. 7, 2020.
[13] N. V. V. Kamasi, D. Kabo, and Y. Jitakap, “Rancang Bangun Sistem informasi Pariwisata Kabupaten Asmat Berbasis Web,” SAINS DAN Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 9–14, 2023.

[14] M. Munawir, E. Erdiwansyah, S. Susmanto, and Z. Zulfan, “Design Of Tourism Destination Information System As A Tourism Service In Nusa Aceh Village,” in Proceedings of International Conference on Multidiciplinary Research, 2022, vol. 5, no. 1, pp. 158–162.

[15] I. G. P. F. P. Sudhana, I. G. A. J. Sadguna, I. G. N. S. Waisnawa, A. D. Yulianthi, and A. A. A. N. Harmini, “Pengembangan Sistem Pembayaran untuk Desa Wisata Tri Eka Buana dengan Online Payment,” Bhakti Persada, vol. 7, no. 1, pp. 17–23, 2021, doi: 10.31940/bp.v7i1.2171.

[16] N. K. S. K. R. Dyatmika, W. H. Nugraha Putra, and D. Pramono, “Pengembangan Sistem Informasi Reservasi pada Pariwisata Perkemahan dengan Memanfaatkan Payment Gateway System (Studi Kasus : Tepi Buyan Campfire Buleleng),” J. Sist. Informasi, Teknol. Informasi, dan Edukasi Sist. Inf., vol. 2, no. 1, Aug. 2021, doi: 10.25126/justsi.v2i1.37.

[17] A. A. Wahid, “Analisis metode waterfall untuk pengembangan sistem informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. Novemb., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2020.
Diterbitkan
2025-12-16
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 7 times
PDF (English) downloaded = 3 times