SISTEM INFORMASI PEMASARAN PRODUK JAJANAN LOMBOK BERBASIS E-COMMERCE

  • Muhammad Fahrurrozi STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani
  • Yulistian Hidayaty STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani
  • Muhammad Azmi STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani
Kata Kunci: Sistem Informasi, E-Commerce, Pemasaran Digital, UKM

Abstrak

Ombak Food merupakan salah satu usaha mikro,kecil dan menengah (UMKM) yang dijadikan sebagai sumber rujukan, dan tempat penelitian yang digunakan untuk membangun Aplikasi Sistem Informasi Pemasaran berbasis E-Commerce. Ombak Food merupakan UKM yang berdiri sejak 2017. Ombak Food awalnya berasal dari program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Desa Bonjeruk, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Proses Pemasaran yang berjalan di Ombak Food masih menggunakan media social berupa Instagram, Facebook, dan Whatsapp, yang dirasakan belum optimal dalam melakukan promosi produk, disertai dengan minimnya akses informasi tentang produk-produk baru yang dimiliki untuk diakses konsumen, serta pencatatan pemesanan yang masuk, masih dilakukan secara manual sehinga banyak dokumentasi pemesanan barang yang salah input dan ditulis secara berulang-ulang. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk mempermudah proses pemasaran dan penjualan adalah dengan menggunakan sistem informasi e-commerce berbasis websiste yang bisa memudahakan Ombak Food dalam melakukan pemasaran produk dan Proses Penjualan secara Efektif. Dari hasil penggunaan aplikasi sistem informasi berbasis e-commerce pemilik Ombak Food merasakan perubahan yang cukup signifikan dalam proses penjualan yang dilakukan di tandai dengan naikknya angka pembelian yang dilakukan konsumen. Proses Pemasaran produk-produk baru yang dihasilkan juga lebih mudah dipasarkan.

Referensi

[1] Fransisca Mega Rosa Mustika, Wahyu Adityo Prodjo, (2023), "Teten Masduki Sampaikan Dampak Perkem-bangan E-Commerce Terhadap UMKM", [Online] Available :https://umkm.kompas.com/
[2] KADIN (Indonesian Chamber of Commerce and Industry), 2025, , UMKM Indonesia, [Online] Available :https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/
[3] Rainer, R. K., & Cegielski, C. G. (2011). Introduction to Information Systems: Enabling and Transforming Business (3rd ed.). John Wiley & Sons.
[4] O’Brien, J. A., & Marakas, G. M. (2011). Manage-ment Information Systems (10th ed.). McGraw-Hill.
[5] Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2014). Management Information Systems: Managing the Digital Firm (13th ed.). Pearson.
[6] Johan, R. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di Kabupaten Karawang. Jurnal Akuntansi, 14(2), 188-212.
[7] Tata Subatri. (2012). Konsep Sistem informasi. Yog-yakarta : Offset Andi.
[8] Yakub, (2012), Pengantar Sistem Informasi, Graha Ilmu, Yogyakarta
[9] Rintho Rante Rerung. (2018). E-Commerce. Deepub-lish Yogyakarta.
[10] Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S., (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9 (7), 2596–2620. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1057
Diterbitkan
2025-06-14
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 20 times
PDF (English) downloaded = 13 times