PROTOTYPE KOTAK PENYIMPANAN UANG MENGGUNAKAN SESOR WARNA BERBASIS MIKROKONTROLLER ARDUINO UNO
Abstrak
Dompet dan bank digital sudah tersedia, tetapi banyak yang masih menggunakan kotak penyimpanan uang atau bank bank piggy. Asupan babi ini diperlukan dari berbagai kelompok, dari anak -anak hingga orang dewasa, sebagai sarana untuk menyelamatkan, dekorasi rumah dan mainan. Namun, bank babi keramik atau plastik mudah dipecahkan, sehingga banyak orang yang dikonversi ke bank untuk keselamatan. Kemajuan dalam teknologi mikrokontroler memungkinkan pengembangan kotak penyimpanan uang yang aman dan cerdas. Kotak berbasis mikrokontroler ini dapat menggunakan sensor warna TCS 3200 dan sistem PIN atau kata sandi untuk melindungi uang Anda dari pencurian dan akses tidak sah. Menurut Syafii Antonio, Islam direkomendasikan untuk perencanaan masa depan dan tabungan darurat Islam. Ekonomi yang buruk dapat menyebabkan kejahatan seperti pencurian es krim merpati, yang jarang aman. Integrasi teknologi memungkinkan kotak penyimpanan uang dikaitkan dengan solusi keuangan digital, meningkatkan keamanan dan efisiensi manajemen kas.
Referensi
[2] Fanggi Chikal Furqonie, Ade Zulkarnaen Hasibuan, Arnes Sembiring. (2023). Rancang Bangun Kotak Penyimpanan Uang Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 7(2). Available: https://jurnal.uinsu.ac.id
[3] Pinto Akbar. (2019). Impelementasi Tempat Penyimpanan Uang Otomatis. Available: (Karya Ilmiah-Skripsi, Universitas Telkom Bandung). https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id
[4] Yohanes C Saghoa. Sherwin R.U.A. Sompie, Novi M. Tulung. (2018). Kotak Penyimpanan Uang Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Jurnal Teknik elektro dan komputer, 7(2), 168-173.https://ejournal.unscrat.ac.id
[5] Binus. (2023,11 April). Pemrograman Bahasa C. Diakses pada 25 maret 2024, dari https://online.binus.ac.id
[6] Tono. (2021). Rancang Bangun Kotak Penyimpan Uang Dengan Voice Recognition Berbasis Miktokontroler. (Skripsi Sarjana, Universitas Putera Batam).https://ejournal.upbatam.ac.id
[7] UMAN. (2021). Prototype Adalah: Pengertian, Manfaat, Tujuan, Dan Contohnya. Diakses pada 25 maret 2024, dari https://www.gramedia.com
[8] WIKIPEDIA. (2023, 5 desember). Elektronika. Diakses pada 14 mei 2024, dari https:/id.wikipedia.org
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional