PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BUAH DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE

  • Nadzifah Nadzifah Program Studi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Suprih Widodo Program Studi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nuur Wachid Abdul Majid Program Studi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi, Universitas Pendidikan Indonesia
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Multimedia Development Life Cycle, Anak Usia Dini.

Abstrak

Masa pandemi Covid-19 yang berlangsung saat ini menyebabkan kegiatan pembelajaran dilakukan dirumah masing-masing secara daring, tak terkecuali pada pembelajaran anak usia dini. Kegiatan belajar yang dilakukan dirumah cenderung terbatas karena tidak semua orang tua memiliki media pembelajaran yang menarik dan bervariatif. Hal ini menyebabkan motivasi dan semangat anak usia dini cenderung menurun. Oleh karena itu, diperlukan suatu media pembelajaran yang menarik. Pada penelitian ini akan dilakukan pengembangan aplikasi media pembelajaran pengenalan buah dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media pembelajaran interaktif dengan Teknologi Augmented Reality sub materi pengenalan buah pada Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan enam tahapan yaitu: konsep (Concept), perancangan (Design), pengumpulan bahan (Material Collecting), pembuatan (Assembly), pengujian (Testing), dan distribusi (Distribution) yang dilaksanakan di daerah Karangmalang, Indramayu. Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah aplikasi media pembelajaran dapat membantu proses pembelajaran anak usia dini dalam mengenal dan mengetahui manfaatnya bagi tubuh. Pengujian aplikasi menggunakan blackbox testing dengan hasil seluruh indikator termasuk dalam kategori baik dan menggunakan pengujian SUS dengan hasil rata-rata skor SUS yaitu 81. Hasil rata-rata ini menunjukkan bahwa tingkat usability sistem termasuk kategori “excellent” atau “baik sekali”.

Referensi

[1] K. K. Savitha and V. G. Renumol, “Effects of integrating augmented reality in early childhood special education,” Int. J. Recent Technol. Eng., vol. 8, no. 3, pp. 7864–7867, doi: 10.35940/ijrte.C6552.098319.
[2] F. N. Rohmah, “Media Pembelajaran Pengenalan Buah Dengan Teknologi Augmented Reality Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android,” pp. 1–102, 2019.
[3] T. Atmawati, “Pengaruh Forsway dalam Asynchronous Learning Berbasis Google Classroom Terhadap Keaktifan dan Penguasaan Materi Siswa,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. Vol 9, no. 1, pp. 99–105, 2021, doi: 10.25273/jems.v9i1.8809.
[4] Liputan6.com, “OPINI: Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 - Citizen6 Liputan6.com,” 2020. https://www.liputan6.com/citizen6/read/4248063/opini-transformasi-media-pembelajaran-pada-masa-pandemi-covid-19 (accessed Dec. 07, 2021).
[5] P. Madanipour and C. Cohrssen, “Augmented reality as a form of digital technology in early childhood education,” Australas. J. Early Child., vol. 45, no. 1, pp. 5–13, 2020, doi: 10.1177/1836939119885311.
[6] C. Cahyana, R. I. M. Mandasari, F. N. Prawita, C. T. Shafira, and D. E. Pratama, “Implementation of Augmented Reality in Introducing Islamic Pillars Appication for Young Children,” Proc. 5th Int. Conf. Early Child. Educ. (ICECE 2020), vol. 538, no. Icece 2020, pp. 100–103, 2021, doi: 10.2991/assehr.k.210322.022.
[7] Z. Pan, M. F. López, C. Li, and M. Liu, “Introducing augmented reality in early childhood literacy learning,” Res. Learn. Technol., vol. 29, no. 1063519, pp. 1–21, 2021, doi: 10.25304/rlt.v29.2539.
[8] R. Kmurawak and D. Setyaningsih, “Use Of Augmented Reality As A Learning Media In Early Childhood Education Solideo Perumnas I Jayapura,” Early Child. Res. J., vol. 3, no. 1, pp. 1–5, 2020, doi: 10.23917/ecrj.v3i1.10544.
[9] F. Utami, Rukiyah, W. D. Andika, and S. Sumarni, “Introduction to Sea Animals With Augmented Reality Based Flashcard for Early Childhood,” vol. 513, pp. 215–220, 2021, doi: 10.2991/assehr.k.201230.108.
[10] M. Fahrurrozi and L. P. I. Kharisma, “MEDIA PEMBELAJARAN M3 (MEMBACA, MENULIS, MENGHITUNG) BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK ANAK USIA DINI,” Tek. Teknol. Inf. dan Multime-dia, vol. 1, no. 1, pp. 47–52, 2020.
[11] T. Nurrita, “Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa,” MISYKAT J. Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb., vol. 3, no. 1, p. 171, 2018.
[12] F. Fatmawati, Y. Yusrizal, and A. M. Hasibuan, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa,” Elem. Sch. J. PGSD FIP UNIMED, vol. 11, no. 2, pp. 134–143, 2021.
[13] L. Afriani and Y. Fitria, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Berbantuan Adobe Flash Cs6 untuk Pem-belajaran pada Masa Pandemi Covid-19,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 4, pp. 2141–2148, 2021.
[14] D. Sugiana and D. Muhtadi, “Augmented Reality Type QR Code: Pengembangan Perangkat Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0.,” 2019.
[15] S. Sintaro, A. Surahman, and N. Khairandi, “Aplikasi Pembelajaran Teknik Dasar Futsal Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android,” TELEFORTECH J. Telemat. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 22–31, 2020.
[16] R. T. Azuma, “A Survey of Augmented Reality,” Presence Teleoperators Virtual Environ., vol. 6, no. 4, pp. 355–385, 1997.
[17] I. Aripin and Y. Suryaningsih, “Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf,” Sainsmat J. Ilm. Ilmu Pengetah. Alam, vol. 8, no. 2, pp. 47–57, 2019.
[18] A. P. Satrianingrum and I. Prasetyo, “Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 633, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.574.
[19] H. Wulandari and E. Purwanta, “Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK selama Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 452–462, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.626.
[20] A. Lilawati, “Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelaja-ran di Rumah pada Masa Pandemi,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 549, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.630.
[21] H. Anggreani and P. Rosyani, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Jenis-Jenis Dino-saurus Pada Anak-Anak Usia Dini Berbasis Flash,” KERNEL J. Ris. Inov. Bid. Inform. dan Pendidik. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 77–81, 2021.
[22] D. S. Rasyid, L. Mutawalli, and M. Ashari, “Pengembangan Media Interaktif Dasar Desain Grafis Kelas X di SMKN 1 Praya Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” Syntax Lit. J. Ilm. Indones., vol. 7, no. 2, pp. 2656–2676, 2022.
[23] M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 121, 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.139.
[24] J. K. Sandy, A. P. Kharisma, and L. Fanani, “Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Berbasis Android Untuk Layanan Masyarakat Dengan Metode Mobile-D,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 7, pp. 6965–6972, 2019.
Diterbitkan
2022-06-20
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 342 times
PDF (English) downloaded = 716 times