PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUKASI BERTEMAKAN TATA SURYA UNTUK SISWA KELAS IX (SEMBILAN)

  • Rizki Pribadi Program Studi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rian Andrian Program Studi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Suprih Widodo Program Studi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rizki Hikmawan Program Studi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi, Universitas Pendidikan Indonesia
Kata Kunci: media pembelajaran, perancangan, tata surya

Abstrak

Materi dan karakteristik pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sangat berbeda dengan disiplin ilmu lainnya. Cakupan materi pada mata pelajaran ilmu ilmiah ini sangat luas dan erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran IPA yang monoton tentu akan menurunkan motivasi serta minat belajar siswa. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dan pembelajaran melalui penggunaan metode dan optimalisasi penggunaan media. Salah satu inovasi teknologi yang tersedia bagi guru adalah media pembelajaran interaktif. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA kelas XI (sembilan) ini adalah metode penelitian Research and Development (RnD). Selain itu, model pengembangan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah model Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate (ADDIE). Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dibuat dengan berbantuan Adobe Flash Profesional CS6. Media pembelajaran yang dihasilkan telah diuji dengan menggunakan jenis pengujian black-box testing dan dinyatakan telah sesuai pada keseluruhan fungsi dan dapat digunakan dengan baik

Referensi

[1] D. I. Sekolah and M. Pertama, “Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran,” vol. 3, no. 2, pp. 258–266, 2020.

[2] Suhery, T. Putra, and Jasmalinda, “Jurnal Inovasi Penelitian,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 3, pp. 1–4, 2020.

[3] E. Y. Awe and K. Benge, “HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SD,” J. Educ. Technol., vol. 1, no. 4, pp. 231–238, Dec. 2017, doi: 10.23887/JET.V1I4.12859.

[4] A. Anggraini, S. Informasi, and S. J. Sti, “Aplikasi Pengenalan Puasa Ramadhan Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Professional CS6,” J. Ilm. Komputasi, vol. 18, no. 4, 2019, doi: 10.32409/jikstik.18.4.2670.

[5] P. Ekayani, “PENTINGNYA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA,” 2017, Accessed: Dec. 06, 2021. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/315105651.

[6] J. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, S. Kusuma Wardani, P. Setyosari, and A. Husna, “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SISTEM TATA SURYA KELAS VII MTS RAUDLATUL ULUM KARANGPLOSO,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 23–29, Feb. 2019, doi: 10.17977/UM038V2I12019P023.

[7] E. B. Sembiring, D. Wahyuni, and W. Anurogo, “Multimedia Interaktif Pengenalan Hewan Dan Tumbuhan Langka Menggunakan Model Tutorial,” J. Digit. Educ. Commun. Arts, vol. 1, no. 2, pp. 103–112, 2018, doi: 10.30871/deca.v1i2.839.

[8] N. Widiyastuti, E. Hoesein Radia, and U. Kristen Satya Wacana, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA,” Perspekt. Ilmu Pendidik., vol. 32, no. 1, pp. 77–84, Apr. 2018, doi: 10.21009/PIP.321.9.

[9] N. A. Sari, Y. Yulianto, and H. Yuliani, “Studi Literatur Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Pada Pembelajaran Fisika di Indonesia,” J. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 1, pp. 18–26, Feb. 2021, doi: 10.20527/JIPF.V5I1.2791.

[10] A. Putra, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Aplikasi Adobe Flash Bagi Siswa Sekolah Dasar | Jurnal Literasi Digital.” https://literasidigital.my.id/literasi/article/view/116 (accessed Jun. 03, 2022).

[11] “METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND ... - M. Askari Zakariah, Vivi Afriani, KH. M. Zakariah - Google Books.” https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=k8j4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA82&dq=metode+penelitian+research+and+development&ots=13TwYc20pK&sig=-mfOU1CQgZF-9zqw4_mx6uzzsKg&redir_esc=y#v=onepage&q=metode penelitian research and development&f=false (accessed Nov. 27, 2021).

[12] B. Kartika Sari, DESAIN PEMBELAJARAN MODEL ADDIE DAN IMPLEMENTASINYA DENGAN TEKNIK JIGSAW. .

[13] U. Menampilkan et al., “Rancang Bangun Basis Data Perguruan Tinggi Untuk Menampilkan Jadwal Kuliah,” Semin. Nas. Teknol. Terap. Berbas. Kearifan Lokal, pp. 359–366, 2015.
Diterbitkan
2022-06-20
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 281 times
PDF (English) downloaded = 485 times