PEMBUATAN VIDEO EDUKASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN MAHASISWA SISTEM INFORMASI DI UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM TERHADAP BERITA PALSU DI ERA DIGITAL
Abstract
This research aims to explore the impact of fake news and the effectiveness of making educational videos as an effort to increase awareness of information systems students at Batam International University regarding fake news in the digital era. Through a survey method using a questionnaire distributed to students from the 2021 to 2024 class, this research identified the level of understanding and awareness of students regarding the dangers of fake news before and after showing educational videos. The research results showed that 98% of respondents felt that the videos presented were interesting and easy to understand, and suited their needs, which indicates that visual media can be an effective tool in conveying information. In addition, data analysis shows that increasing digital literacy among students contributes to their ability to recognize and verify information, thereby reducing the risk of spreading hoaxes.
References
Annisa, W. N., Agustina, C. W., & Puspitasari, W. (2021). Peran Literasi Digital untuk Mencegah Penyebaran Hoaks. Journal of Education and Technology, 1(2), 113–118.
Cahya Suryani, Puradian Wiryadigda, Mentari Marwa, M. A. F. (2024). EDUKASI LITERASI DIGITAL PADA MAHASISWA IAI TRIBAKTI KEDIRI. 4(2), 105–111.
Endang, A., & Narti, S. (2022). Edukasi Pencegahan Penyebaran Hoaks Melalui Video Pendek pada Masyarakat Kelurahan Lubuk Durian. Jurnal Dehasen Mengabdi, 1(1), 23–28. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jdm/article/view/2078%0Ahttps://jurnal.unived.ac.id/index.php/jdm/article/download/2078/1654
Fadilla, F., & Salim, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi SPSS sebagai instrumen Pengolahan dan Pengujian Data Penelitian Kuantitatif. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 2(1), 35–46. https://doi.org/10.36908/akm.v2i1.273
Hakimah, R. N. (2024). EDUKASI BAHAYA HOAKS DI MEDIA SOSIAL BAGI REMAJA MELALUI PERANCANGAN ANIMASI 2D HO:AXE PADA PLATFORM YOUTUBE. 19, 01–109.
Pradipta, V. D. A., Putra, V., Nugroho, R. E., & ... (2024). Pencegahan Resiko Penyebaran Phising dan Hoaks dengan Pembuatan Video Edukasi untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar …, 1(1), 59–68. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/article/view/8969%0Ahttps://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/article/download/8969/3552
Rosadi, A., Qomaruzzaman, B., & Zaqiah, Q. Y. (2023). Inovasi Pembelajaran Media Video Edukasi Sebagai Upaya Meningkatkan Efikasi Diri Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1876–1883. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6222
Umpu nikan, M., & Anggriani Adnas, D. (2022). Perancangan dan Implementasi Video Media Pembelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan di SMKN 2 Batam Menggunakan MDLC. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(5), 297–311. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i5.302
Sumber Online
Kominfo, B. H. K. (2024). Pengguna Internet Meningkat, Kominfo Galang Kolaborasi Tingkatkan Kualitas Layanan. https://www.komdigi.go.id/berita/siaran-pers/detail/siaran-pers-no-80-hm-kominfo-01-2024-tentang-pengguna-internet-meningkat-kominfo-galang-kolaborasi-tingkatkan-kualitas-layanan
Wawan, J. H. (2023). Penyebar Hoax “Anak BEM UNY Lecehkan Maba” Sakit Hati Ditolak Komunitas. https://news.detik.com/berita/d-7034225/penyebar-hoax-anak-bem-uny-lecehkan-maba-sakit-hati-ditolak-komunitas/
Copyright (c) 2025 TEKNIMEDIA: Teknologi Informasi dan Multimedia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional