PEMBUATAN VIDEO EDUKASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN MAHASISWA SISTEM INFORMASI DI UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM TERHADAP BERITA PALSU DI ERA DIGITAL

  • Hanif Permadi Diny Universitas Internasional Batam
  • Diny Anggriani Adnas Universitas Internasional Batam
  • Deli Deli Universitas Internasional Batam
Kata Kunci: video, video edukasi, media sosial, universitas internasional batam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak berita palsu dan efektivitas pembuatan video edukasi sebagai upaya meningkatkan kesadaran mahasiswa sistem informasi di Universitas Internasional Batam terhadap berita palsu di era digital. Melalui metode survei menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa dari angkatan 2021 hingga 2024, penelitian ini mengidentifikasi tingkat pemahaman dan kesadaran mahasiswa mengenai bahaya berita palsu sebelum dan sesudah penayangan video edukasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 98% responden merasa video yang disajikan menarik dan mudah dipahami, serta sesuai dengan kebutuhan mereka, yang mengindikasikan bahwa media visual dapat menjadi alat yang efektif dalam menyampaikan informasi. Selain itu, analisis data menunjukkan bahwa peningkatan literasi digital di kalangan mahasiswa berkontribusi pada kemampuan mereka dalam mengenali dan memverifikasi informasi, sehingga mengurangi risiko penyebaran hoaks

Referensi

Anggriani Adnas, D., & Sung Pheng, T. (2022). Perancangan dan Implementasi Media Pembelajaran di SMKS Maitreyawira Batam Menggunakan Metode MDLC. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 4, 842–849. http://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro
Annisa, W. N., Agustina, C. W., & Puspitasari, W. (2021). Peran Literasi Digital untuk Mencegah Penyebaran Hoaks. Journal of Education and Technology, 1(2), 113–118.
Cahya Suryani, Puradian Wiryadigda, Mentari Marwa, M. A. F. (2024). EDUKASI LITERASI DIGITAL PADA MAHASISWA IAI TRIBAKTI KEDIRI. 4(2), 105–111.
Endang, A., & Narti, S. (2022). Edukasi Pencegahan Penyebaran Hoaks Melalui Video Pendek pada Masyarakat Kelurahan Lubuk Durian. Jurnal Dehasen Mengabdi, 1(1), 23–28. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jdm/article/view/2078%0Ahttps://jurnal.unived.ac.id/index.php/jdm/article/download/2078/1654
Fadilla, F., & Salim, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi SPSS sebagai instrumen Pengolahan dan Pengujian Data Penelitian Kuantitatif. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 2(1), 35–46. https://doi.org/10.36908/akm.v2i1.273
Hakimah, R. N. (2024). EDUKASI BAHAYA HOAKS DI MEDIA SOSIAL BAGI REMAJA MELALUI PERANCANGAN ANIMASI 2D HO:AXE PADA PLATFORM YOUTUBE. 19, 01–109.
Pradipta, V. D. A., Putra, V., Nugroho, R. E., & ... (2024). Pencegahan Resiko Penyebaran Phising dan Hoaks dengan Pembuatan Video Edukasi untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar …, 1(1), 59–68. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/article/view/8969%0Ahttps://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/article/download/8969/3552
Rosadi, A., Qomaruzzaman, B., & Zaqiah, Q. Y. (2023). Inovasi Pembelajaran Media Video Edukasi Sebagai Upaya Meningkatkan Efikasi Diri Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1876–1883. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6222
Umpu nikan, M., & Anggriani Adnas, D. (2022). Perancangan dan Implementasi Video Media Pembelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan di SMKN 2 Batam Menggunakan MDLC. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(5), 297–311. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i5.302
Sumber Online
Kominfo, B. H. K. (2024). Pengguna Internet Meningkat, Kominfo Galang Kolaborasi Tingkatkan Kualitas Layanan. https://www.komdigi.go.id/berita/siaran-pers/detail/siaran-pers-no-80-hm-kominfo-01-2024-tentang-pengguna-internet-meningkat-kominfo-galang-kolaborasi-tingkatkan-kualitas-layanan
Wawan, J. H. (2023). Penyebar Hoax “Anak BEM UNY Lecehkan Maba” Sakit Hati Ditolak Komunitas. https://news.detik.com/berita/d-7034225/penyebar-hoax-anak-bem-uny-lecehkan-maba-sakit-hati-ditolak-komunitas/
Diterbitkan
2025-06-12
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 45 times
PDF (English) downloaded = 27 times